Pengguna jejaring
sosial terbilang sangat tinggi terutama pada golongan remaja. Hal tersebut
menyebabkan situs jejaring sosial memiliki peran yang besar dalam proses
pemasaran produk oleh para pelaku bisnis.
Saat ini, bisnis berbasis online sangat
digemari banyak kalangan karena sistemnya yang dapat dikatakan cukup mudah
serta jangkauan ke konsumen sangat luas. Seorang pelaku bisnis dapat
menjalankan bisnisnya tanpa harus menyewa atau membuka sebuah gerai untuk
memasarkan dan memperkenalkan produknya.
Cukup dengan fasilitas yang diberikan berbagai situs jejaring sosial, sang
pelaku bisnis tersebut dapat melakukan kegiatan pemasarannya dengan praktis dan
bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya
Lalu, apa saja ya manfaat yang
dapat diberikan situs jejaring sosial yang ada saat ini untuk Anda yang baru
akan memulai sebuah bisnis?
Pengenalan Produk dan Media Promosi
Penyebaran brand milikmu dengan memanfaatkan media sosial dapat membuat orang
semakin mengetahui atau mengenal produkmu. Karena jangkauan yang sangat luas
dan tidak perlu memikirkan letak geografis, kamu dapat dengan mudah
memperkenalkan produkmu ke masyarakat luas. Hal yang menarik adalah jika
seseorang telah membeli produkmu dan memberikan ulasan yang bagus, konsumen
tersebut dapat membantu anda untuk menyebarkan informasi mengenai produk anda
pada teman – teman yang ia miliki di jejaring sosial. Hal itu tentunya sangat
berdampak positif pada proses pengenalan produk pada calon pembeli.
Menjadi Lebih Dekat dengan Konsumen
Menurut pakar marketing dan media
sosial, Yuswohady, media sosial mengubah cara perusahaan berkomunikasi yang
semula satu dan dua arah, kini menjadi segala arah.
Jejaring sosial dapat menjadi
penyalur antara pelaku bisnis dan konsumen. Dengan memanfaatkan jejaring sosial,
kamu dapat membuka diskusi dengan konsumen mengenai bagaimana kualitas produkmu
serta pelayanan yang kamu berikan kepada konsumen. Ingatlah selalu bahwa ulasan
yang diberikan oleh konsumen sangat penting, karena tidak sedikit calon pembeli
yang terlebih dahulu melihat ulasan yang diberikan orang lain yang sudah
membeli produkmu. Dengan menampilkan banyak ulasan positif dari konsumen di
media sosial, kamu dapat menarik semakin banyak calon pembeli.
Mengembangkan Target Pasar dan Menjadi Lebih Maju dari Kompetitor
Dengan memanfaatkan sosial media,
kamu dapat menganalisa bagaimana teknik kompetitormu dalam memasarkan
produknya. Disini, kamu dituntut untuk selalu kreatif dalam memasarkan produkmu
dan melakukan teknik yang lebih baik dari mereka. Dengan begitu, kamu dapat
selangkah lebih maju dari para kompetitormu.
Masih banyak lagi manfaat dari
sosial media yang dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnismu. Satu hal
yang harus kamu pegang teguh adalah menjadi pelaku bisnis yang jujur. Maraknya
kasus penipuan online membuat orang semakin waspada untuk melakukan kegiatan
belanja via sosial media. Maka dari itu, kesan awal yang anda berikan sangat
penting. Walaupun banyak kasus kejahatan di sosial media, jika anda sudah
dikenal banyak orang sebagai pelaku bisnis yang jujur, maka orang tidak akan
ragu lagi untuk membeli produk anda.
Sekian informasi mengenai manfaat
sosial media untuk bisnis anda, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk kita
semua.
0 komentar:
Posting Komentar